Usaha Limbah yang Menjanjikan Kesuksesan



Bisnis limbah adalah bisnis yang sangat menjanjikan

Hampir setiap hari berton-ton limbah masyarakat di Indonesia dihasilkan, terutama dari masyarakat yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta , Semarang dan surabaya. Parahnya hampir semua masyarakat di muka bumi menganggap bahwa limbah adalah sesuatu yang busuk , menyakitkan dan aneka pandangan buruk lainnya tentang sampah. Tak ada satu orangpun yang menganggap atau berfikiran bahwa dengan datangnnya sampah adalah suatu anugerah, kalau kita tau dan pandai mengolahnya bisnis limbah adalah bisnis yang sangat menjanjikan , lha kok bisa ? kenapa bisnis limbah  adalah bisnis yang sangat menjanjikan ?

Bisnis limbah tidak terkena resiko barang busuk

Apakah anda pernah melihat orang berbisnis buah atau makanan di pasar ? mereka menjajakan barang dagangannya ke pada pembeli sekuat tenaga bahkan kalau sudah tinggal separoh dagangannya mereka langsung banting harga yang penting kembali modal , itu kenapa ? karena kalau sampai lama-kelamaan tidak laku , barang dagangan mereka akan busuk, kalau sudah busuk , manusia mana yang mau membeli barang dagangan busuk . lain lagi dengan bisnis limbah , setelah barang yang berupa limbah itu ada di lapak kita , kita tidak akan terkena demam kwatir barang busuk karena tidak laku, jadi dalam hal ini bisnis limbah adalah bisnis yang sangat menjanjikan.

Bisnis limbah tidak takut akan faktor cuaca

Kemarin, tetangga saya yang berbisnis gilingan padi pening meradang dibuatnya penyebabnya hanya spele, pada saat menjemur gabah-gabah , hujan datang dengan tiba-tiba dan sangat cepatnya sehingga gabahnya yang sudah kering menjadi basah dan lembab , akibatnya jamuran dan perlu waktu lagi untuk kembali menjemurnya, apalagi musim-musin penghujan seperti sekarng ini dimana matahari sangat malas sekali menunjukkan wajahnya.  Lain halnya jika kita berisnis limbah , Dengan bisnis kita tidak akan rugi dengan barang kita yang terkena hujan. 

Bisnis limbah tidak akan takut menyusut baik itu volumenya maupun beratnya

Tau bawang merah kan ? satu iket bawang merah sewaktu dibeli tengkulak di sawah beratnya 5 kilo misalkan , karena belum ada transportasi ke tempat pembeli , terpaksa bawang merah tersebut ditaro di dalam gudang sampai 10 hari lamanya, 10 hari kemudian satu iket bawang merah tersebut setelah ditimbang tidak akan utuh lagi 5 kilogram, ia akan menyusut. lain halnya dengan bisnis limbah, ditaro setahunpun yang namanya limbah beratnya ya tetep segitu beratnya , gaka akan susut.  

Dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya dari bisnis limbah ini ketimbang bisnis lainnya , yang mana tidak akan mungkin saya sebutkan disini semuanya. 

Bagaimana cara bisnis limbah yang menjanjikan ? 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam berbisnis limbah ini. yang penting kita tau bagaimana caranya , berikut ini hanya sedikit sekali tips bagaimana menjalankan bisnis limbah yang sangat menjanjikan itu : 

Menjadi pengepul :
Jika kita ingin terjun menjadi pengepul ada beberapa hal yang perlu anda kuasai yaitu : yang  pertama adalah harus banyak kenalan para pemulung, sebanyak mungkin anda punya kenalan dengan para pemulung, dan minta mereka untuk menyetor hasil mereka pada kita. tentunya harus kita beri nilai lebih dari pesaing anda, sehingga para pemulung tersebut lari dan menjual barang mereka pada anda. Poin yang kedua yang harus anda tau adalah dimana pabrik tempat anda menyetor nanti, setelah anda memperoleh banyak barang dari para pemulung , anda harus tau kemana barang-barang anda tadi dijual. disamping itu jika anda benar-benar berniat untuk terjun di bisnis limbah ini anda harus cukup modal, sebab modal anda agal lambat perputarannya, kecuali jika anda sudah mempunyai banyak kenalan para pemulung , dan semua pemulung itu mau menjualnya pada anda. logikanya begini, begitu anda membeli limbah dari seorang pemulung, maka anda harus menunggu pemulung berikutnya untuk nyetor barangnya pada anda, baru setelah barang di gudang anda terkumpul banyak, barulah anda bisa membawanya ke pabrik yang mau menerima barang limbah anda. 
Mengolah limbah sendiri :
Dalam hal ini anda haru mempunyai suatu peralatan yang disebut dengan mesin penghancur plastik, mesin ini mampu mencacah plastik dari ukurannya yang sidak seragam , kemudian dicacah menjadi serpihan kecil-kecil sehingga mudah untuk diproses selanjutnya. 


0 comments:

Post a Comment